Kamis, 02 Desember 2010

Acer 4520 Blank atau Mati

Acer 4520 dengan chipset VGA NVIDIA Ge Force 7000M enak dipakai untuk main game, tapi setelah pemakain setahun ada trouble yaitu DVD tidak terdeksi, usb tidak terdeteksi dan akhirnya tampilan layar lcd jadi putih, yang parah lagi layar langsung gelap. Gejala ini di sebabkan oleh VGA nya kinerjannya menurun.

Menurut saya kasus ini terjadi karena proses pendingan di sytemnya kurang bagus atau menurun sehingga terjadi over heat yang mengakibatkan laptop jadi mati.

Gejala kerusakannya bila ditekan tombol power fan masih bisa berputar walaupun terus mati, lampu lednya nyala sebentar.

Ini gambar VGA yg dipakai ACER 4520

Untuk menangani kasus ini ada 2 cara :
  1. VGA di blower dengan temperatur tertentu sampai bisa menyala lagi. Saya sudah praktek untuk blower VGA. Sampai saat ini sudah berumur hampir 3 minngu. (harga service 250.000-300.000)
  2. Reballing VGA cara ini di pakai jika vga sudah tidak mau di blower lagi, atau cara ini lebih baik dari pada blower. Maksudnya reballing adalah mencetak ulang kaki kaki dari VGA tersebut sehingga bisa melekat lagi kemainboard dengan sempurna. (harga service kisaran 850.000). Harga ini lebih murah dibandingkan membeli mainboard baru yang belum jelas asal muasalnya gan biasanya penggantian mainboard baru garansinya cuma satu bulan


Alat untuk melepas dan memasang VGA



Gambar VGA yang sudah di cetak kaki kakinya dan siap dipasang

Ini laptop acer 4520 setelah saya blower dan saya install dengan Win 7



Kerusakan laptop karena over heat banyak terjadi, bagi pengguna laptop atau netbook harap memperahatikan kondisinya, bila terlalu panas harus di tambah fan pendingin atau kita menggunakannya di ruang ber AC.



share