Rabu, 25 Juni 2014

Gejala Chipset atau VGA Laptop Rusak


Awal dari sebuah laptop mengalami kerusakan chipset atau vga di karenakan proses pendinginan CPU atau Prosesor mengalami penurunan akibat lubang ventilasinya tertutup debu atau kinerja dari fan atau kipas prosesor sudah menurun. Pendingin CPU atau Prosesor jadi satu dengan VGA dengan satu kipas pendingin, jadi panas dari VGA dan Prosesor jadi satu, jika kipas dan sistem pendinginan ada masalah biasanya temperatur lebih dari 108 derajat celsius maka laptop akan mati sendiri, jika kejadian berulang ulang kemungkinan chipset VGA rusak duluan.

Chipset intel biasanya di pasang pendingin plat kuningan atau dinempel pada keyboard, ada juga tanpa pendingin tambahan. Sehingga chipset intel juga bisa mengalami kerusakan seperti Hardisk tidak baca, usb tidak baca, gambar blank.

Kenapa panas bisa merusak chipset? Chipset dipasang ke mainboard menggunakan timah, temperatur timah leleh timah ada 180 – 215 derajat celcius, jika panas selalu berlebihan kemungkinan sambungan timah jadi terkorosi, dan Chipset juga mudah rusak.