Kamis, 06 Agustus 2015

Jeleknya Sifat pelit

Allah SWT berfirman dan mencela orang orang yang pelit bersedekah sesuai dengan perintah Allah, seperti kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak yatim, kaum papa, tetangga yang tergolong keluarga dekat, tetangga jauh, temen perjalanan, musafir, dan budak budak yang dia miliki. Selain tidak menunaikan hak Allah, mereka juga mendorong orang lain melakukan hal yang sama. Padahal, Rasulullah SAW sudah bersabda sebagai berikut " Penyakit apa lagi yang lebih berbahaya dari pada bakhil?".
Rasulullah juga bersabda sebagai berikut:
"Jauhilah sifat pelit karena ia telah menghancurkan kaum lain sebelum kalian, Pelit mendorong mereka tidak mau memberi dan mereka ikuti.Pelit juga mendorong mereka berbuat keji dan itu pula yang mereka lakukan." (HR. Abu Dawud)
Contoh perbuatan pelit dimasa Nabi, Hadits no.0932 (Bulughul Maram) Aisyah R.a berkata bahwa hindun binti Utbah Istri Abu Sufyan masuk menemui Rasulullah SAW dan berkata,  Wahai Rasulullah,Abu Sufyan adalah orang yang pelit. Dia tidak memberiku nafkah yang cukup untukku dan anak- anakku kecuali aku mengambildari hartanya tanpa sepengetahuannya. apakah yang demikian itu aku berdosa?" Beliau bersabda, "Ambillah dari hartanya yang cukup untukmu dan anak-anakmu dengan baik."(muttafaq'alaih)
Jaman sekarang kebalikannya, uang gajian sebulan semuanya disetorkan ke istri, dan suami dijatah tiap hari untuk beli bensin dan uang jajan sebagai bekal untuk bekerja.
Hadits no 1246 Diriwayatkan Oleh Abu Bakar Ash Shiddiq r.a bahwa Rasullullah SAW bersabda "Tidak akan masuk surga orang yang suka menipu, Orang KIKIR dan orang tidak bertanggung jawab terhadap apa yang dimilikinya." (HR Tirmidzi)

#pelit #suamiPelit #IstriPelit