أوْصَانِي خَلِيلي – صلى الله عليه وسلم – بِصِيَامِ ثَلاَثَةِ أيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَرَكْعَتَي الضُّحَى، وَأنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أرْقُدَ
‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu:
الوِتْرُ لَيْسَ بِحَتْمٍ كَصَلاَةِ المَكْتُوبَةِ، وَلَكِنْ سَنَّ رسولُ الله – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: «إنَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الوِتْرَ، فَأَوْتِرُوا يَا أهْلَ القُرْآنِ».
“Witir itu tidaklah wajib sebagaimana wajibnya shalat fardhu (shalat lima waktu). Akan tetapi, witir itu disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala itu witir (ganjil, yaitu Maha Esa) dan menyukai bilangan-bilangan yang ganjil, maka hendaklah kalian, wahai ahli Al-Qur’an (yang menghafalkan dan mengamalkan Al-Qur’an), melaksanakan shalat witir.”” (H.R. Abu Dawud, Ibnu Majah, At-Tirmidzi, dan An-Nasa’i)
Zaid bin Arqam radhiyallahu ‘anhu:
أنَّهُ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى، فَقَالَ: أمَا لَقَدْ عَلِمُوا أنَّ الصَّلاَةَ في غَيْرِ هذِهِ السَّاعَةِ أفْضَلُ، إنَّ رسولَ الله – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: «صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِيْنَ تَرْمَضُ الفِصَالُ».
“Zaid bin Arqam melihat sekelompok orang yang shalat Dhuha (tetapi tidak di waktu yang paling afdhal), maka Zaid berkata, “Tidakkah mereka ketahui bahwa shalat Dhuha selain di waktu ini adalah lebih afdhal (lebih utama). Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Shalatnya orang-orang yang kembali kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala (al-awwabin) yaitu tatkala anak-anak unta kepanasan.””” (H.R. Muslim)